HUBUNGAN PENGGUNA GADGET DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA SISWI KELAS 4-6 SD

RELATIONSHIP BETWEEN GADGET USE AND CONCENTRATION LEVELS IN STUDENTS IN GRADES 4-6 ELEMENTARY SCHOOLS

Authors

  • Mega Revangga Putra STIKes Ganesha Husada Kediri

DOI:

https://doi.org/10.51898/wb.v9i2.310

Keywords:

Penggunaan Gadget, Tingkat Konsentrasi Belajar, Siswa dan siswi SD

Abstract

Penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari telah menjadi fenomena yang tidak dapat dihindari, termasuk dalam kalangan anak-anak sekolah dasar. Gadget merupakan daya tarik untuk anak – anak sehingga anak akan ketagihan dan senang menggunakan Gadget berlama–lama. Tujuan Peneitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan tingkat konsentrasi belajar pada siswa dan siswi kelas 4-6 SD Negeri 8 Ngronggo Kota Kediri Desain yang di gunakan dalam penelitian ini Analitik Korelasional Observasi dengan pendekatan Cross Sectional . Populasi pada penelitian ini 40 siswa siswi sekolah ,Sampelnya 36 Siswa usia 10-12 Tahun di SD Negeri 8 Ngronggo Kota Kediridengan Tehnik Purphosive sample. Instrumen yang di gunakan pada Penggunaan Gadget dengan Kuisioner, pada Tingkat konsentrasi belajar siswa siswi sekolah observasi menggunakan Kuisioner. Uji Statistik menggunakan Spearman Rank Correlation dengan tingkat kemaknaan (α = 0.05 ).Hasil penelitian pada penggunaan gadget di dapatkan 20 responden (56% ) memiliki kebiasaan bermain gadget tinggi. Sedangkan pada tingkat konsentrasi belajar siswa siswi anak sekolah ada 26 Responden (58%) yang mengalami kurangnya konsentrasi .Dari hasil Analisa uji Spearman Rank Correlation didapat nilai p value = 0,003 < α=0,05 H1 di terima.Kesimpulannya ada hubungan penggunaan gadget dengan tingkat konsentrasi belajar pada siswa dan siswi kelas 4-6 SD Negeri 8 Ngronggo Kota Kediri.

References

Ameliola, Nugraha. 2013. Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. [Online] Diakses dari http://icssis.files.wordpress.com/2013/09/2 013-0229 pada tanggal 26Desember 2016.

Aisyah, S. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 143-157.

Widiastuti, N., & Santoso, B. (2017). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1), 23-36.

Hidayat, T. (2019). Hubungan Antara Penggunaan Gadget Dengan Konsentrasi Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 11(3), 101-112.

Setiawan, R., & Hartati, S. (2020). Efek Negatif Penggunaan Gadget Terhadap Konsentrasi Belajar Anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 12(4), 78-89.

Nurhayati, L. (2021). Strategi Mengatasi Dampak Negatif Gadget Pada Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 92-107.

Rosen, L. D. (2018). The Distracted Mind: Ancient Brains in a High-Tech World.

Wijarnoko, J., dan Setiawati, E. (2016). Ayah Baik-Ibu Baik Parenting Era Digital : Pengaruh Gadget dan Perilaku terhadap Kemampuan Anak. Jakarta Selatan: Keluarga Indonesia Bahagia

Al-Ayouby, M. H. (2017). Dampak Penggunaan Gadget pada Anak Usia Dini. Jurnal Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung, 1(1), pp. 17-19

Vitriningsih, Sitti Khadijah, Inayati Ceria (2018), Jurnal Formil (Forum Ilmiah) Kesmas Respati, Volume 3, nomer 2, Oktober 2018.

Giles, R. M. (2019). Screen Time and Its Impact on Children's Cognitive Development. Journal of Child Psychology, 43(2), 201-215.

Hansen, M., & Elgort, I. (2021). Digital Devices and Attention Span in Primary School Students. Learning and Instruction, 65, 101-110.

Johnson, S. L., & Stanger, C. (2018). The Influence of Technology on Classroom Engagement. Journal of Educational Technology, 29(3), 45-59.

Smith, A., & Jones, R. (2017). Impact of Gadgets on Learning: A Study on Elementary School Students. Journal of Educational Research, 12(1), 30-40.

Williams, K., & McCarthy, J. (2022). Technology Use and Its Effect on Academic Performance. Computers in Human Behavior, 90, 337-345

Published

2024-12-27

How to Cite

Putra, M. R. (2024). HUBUNGAN PENGGUNA GADGET DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA SISWI KELAS 4-6 SD: RELATIONSHIP BETWEEN GADGET USE AND CONCENTRATION LEVELS IN STUDENTS IN GRADES 4-6 ELEMENTARY SCHOOLS. Well Being, 9(2), 296–301. https://doi.org/10.51898/wb.v9i2.310

Issue

Section

Kesehatan