PENGARUH PENYAJIAN MAKANAN TERHADAP PENINGKATAN PORSI MAKAN PADA ANAK PRA SEKOLAH YANG RAWAT INAP DI RSUD JOMBANG
THE EFFECT OF FOOD PRESENTATION ON INCREASING MEAL PORTIONS IN PRE-SCHOOL CHILDREN WHO ARE HOSPITALISED IN RSUD JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.51898/wb.v6i1.228Keywords:
Meal presentation, meal portions, Pre-school childrenAbstract
Hospitalisasi merupakan stressor yang dapat menimbulkan stress sehingga dapat menyababkan penurunan porsi makan dan akhirnya menghambat proses penyembuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menarik perhatian anak dengan cara melakukan penyajian pada makanan agar porsi makan anak tersebut meningkat. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh penyajian makanan terhadap peningkatan porsi makan pada anak pra sekolah yang rawat inap di RSUD Jombang. Metode : Desain penelitian Pre Eksperimental ini menggunakan metode pre test - post test. Metode sampling yang digunakan adalah purposiv sampling. Populasi pada penelitian ini berjumlah 48 responden, namun sample yang diambil sebanyak 42 responden yang mengalami penurunan porsi makan yang di Ruang rawat inap Anak RSUD Jombang. Data penelitian ini diambil dengan menggunakan lembar observasi. Setelah itu ditabulasi dan dianalisis dengan menggunakan uji t-test. Hasil : setelah dilakukan penyajian makanan menunjukkan sebagian besar porsi makan (kemampuan menghabiskan porsi makan) anak pra sekolah diperoleh hasil sebanyak 28 (67%) responden dan sebagian kecil sebanyak 14 (33%) responden. Sedangkan dari uji staistik diperoleh hasil ada pengaruh penyajian makanan terhadap peningkatan porsi makan pada anak pra sekolah yang menjalani hospitalisasi yang secara statistik signifikan (0.00 < 0.05). Kesimpulan : ada pengaruh penyajian makanan terhadap peningkatan porsi makan pada anak pra sekolah yang dirawat inap di ruang anak RSUD Jombang.
References
Afrinis, N., Indrawati, I., & Raudah, R. (2021). Hubungan.Pengetahuan.Ibu, Pola Makan dan Penyakit.Infeksi Anak dengan Status.Gizi Anak Prasekolah. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 144–150. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.99
Akbar, F., Ambohamsah, I., & Amelia, R. (2020). Modifikasi Makanan Untuk Meningkatkan Gizi Balita Di Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 94–102. https://doi.org/10.34035/jk.v12i1.614
Baculu, E. P. H. (2017). Hubungan Pengetahuan Ibu dan Asupan Karbohidrat Dengan Status Gizi pada Anak Balita di Desa Kalangkangan Kecamatan Galang Kabupaten Toli Toli. Promotif, 7(1), 14–17.
Cerdasari, C., Puspita, T., & Adelina, R. (2019). Effect of “Bento” preparation training on mothers knowledge, skill, and child’s picky eating. Jurnal Gizi Dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics), 6(2), 43. https://doi.org/10.21927/ijnd.2018.6(2).43-50
Dewi, E. C., Muharyani, P. W., & Kusumaningrum, A. (2017). Pengaruh Modifikasi Sayur Terhadap Porsi Konsumsi Sayur Anak Prasekolah. Jurnal Keperawatan Sriwijaya, 3(1), 46–55.
Handajani, D. O., Mulyani, E., & Rachmawati, A. (2021). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu. Jurnal Kesehatan Masyarakat Indonesia, 16(3), 195. https://doi.org/10.26714/jkmi.16.3.2021.195-202
Loka, lola vita, Martini, Margaretha, & Relina, S. (2018). Hubungan Pola Pemberian Makan dengan Perilaku Sulit Makan pada Anak Usia Pra Sekolah (3-6). Keperawatan Suaka Intan (JKSI), 3(2), 1–10.
Milda Riski Nirmala Sari, & Leersia Yusi Ratnawati. (2018). Hubungan Pengetahuan Ibu tentang Pola Pemberian Makan dengan Status Gizi Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Gapura Kabupaten Sumenep. Amerta Nutrition, 2(2), 182–188. https://doi.org/10.20473/amnt.v2.i2.2018.182-188
Syahroni, M. H. A., Astuti, N., Indrawati, V., & Ismawati, R. (2021). Faktor-faktor yang mempengaruhi kebiasaan makan. Jurnal Tata Boga, 10(1), 12–22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Siti Fatimah, Mitayakuna Stianto, Lea Ingne Reffita

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.












