HEALTH AWARENESS OF HOW THE CAPABILITY CHILDREN PRE-SCHOOL WHITIN DO HAND WASH IN KINDERGARTEN NURUL UMMAH 23 PADANGAN BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.51898/wb.v1i2.132Keywords:
Pendidikan Kesehatan, Cara Cuci TanganAbstract
Timbulnya perilaku sehat didasari pada pemahaman kesehatan yang berasal dari pendidikan. Sehingga pendidikan kesehatan sangat diperlukan terutama di lingkungan sekolah mengingat tujuan akhir dari pendidikan ksehatan adalah agar anak-anak dapat mempraktekkan cara berperilaku hidup sehat seperti cara berperilaku cuci tangan yang benar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap cara cuci tangan pada anak usia pra sekolah. Desain penelitian ini dengan menggunakan “Pra experimental “(One Group Pra Test – Post Test Design). Sampel penelitian ini adalah semua anak usia pra sekolah di TK Nurul Ummah 23 (0 Besar) Padangan Bojonegoro. Tekinik samplingnya secara total sampling dengan responden sebanyak 24 responden. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen observasi sebelum dan sesudah pemberian “Pendidikan Kesehatan“. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (16%) baik, (84%) cukup. Cara menganalisanya dengan menggunakan “Uji Wilcoxon“dengan tingkat signifikan P ≤ 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku cuci tangan sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan pada subyek tingkat signifikasinya adalah P = 0,000. Kesimpulan ada pengaruh yang signifikan antara pendidikan kesehatan terhadap cara cuci tangan yang benar. Itu berarti memperbaiki cara cuci tangan yang benar pada anak usia pra sekolah menjadi lebih baik.
Kata Kunci: Pendidikan Kesehatan, Cara Cuci Tangan
References
Azrul, Azwar. (2003). Metode Penelitian Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat. Binarupa Aksara, Batam.
BKKBN. (2007). Konsep Sikap dan Perilaku. http://www.bkkbn.go.id. diakses tanggal 12 Januari 2015 jam 10.05.
Dyah Elok. (2008). Biasakan Cuci Tangan Karena Menyehatkan, http://www.republika.co.id/suplemen/cetak_detail.asp?mid=2&id=259903&kat_id=105&kat_idl=150, diakses tanggal 3 Pebruari 2015 jam 14.15.
Gavin. 2007. Cuci Tangan Cara Mudah Cegah Penyakit, http://www.infeksi.com/data/newsin.xml, diakses tanggal 6 Pebruari 2015 jam 11.00.
Harditomo. (2005). Perilaku Menurut Jenis Kelamin, http://www.infoibu.com//index.html, diakses tanggal 4 Pebruari 2015 jam 09.35.
Hidayat. (2007). Menyusun Tesis edisi revisi, Bandung: informatika.
Hidayat, (2010). Menyusun Skripsi dan Tesis edisi revisi, Bandung: informatika.
Hilman. (2006). Konsep anak pra sekolah.
Ircham Machfoedz. (2007). Teknih Pendidikan Kesehatan, http://www.artikel kesehatan.com. diakses tanggal 20 Pebruari 2005
Kartono, Kartini. (2007). Psikologi anak (Psikologi Perkembangan). Mandar Madju, Bandung:.
Notoatmdjo Soekidjo. (2005). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta .pt.rinka cipta.
Notoatmdjo Soekidjo. (2010). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Rineka Cipta, Jakarata.
Notoatmdjo Soekidjo. (2011). Promosi Kesehatan Teori dan Aplikasi. PT.Rineka Cipta, Jakarta.
Nursalam. (2010). Metediologi riset keperawatan, Jakarta.Seagung Seto.
Nursalam. (2013). Pendekatan Praktis Metodologi Skripsi dan Riset Keperawatan. Seagung Seto, Jakarta.
Soetjiningsih. (2002). Tumbuh Kembang Anak. ECG, Jakarta
Soetjiningsih. (2004). Perkembangan Anak Usia Pra Sekolah, ECG, Jakarta.
Surviana. (2008). Tumbuh Kembang Balita Optimal.
Widoyoko. (2011). Teknik penyuluhan instrument penelitian penerbit PUSTAKA PELAJAR celebab timur UH III/548 Yogyakarta 55167 email:pustakapelajar@yahoo.com.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2016 M Zainal Arifin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.












