PENGARUH HEALTH EDUCATION TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN ANAK PEREMPUAN USIA 9-12 TAHUN DALAM MENGHADAPI MENARCHE
THE INFLUENCE OF HEALTH EDUCATION ON THE LEVEL OF KNOWLEDGE OF 9-12 YEARS OLD GIRL IN DEALING WITH MENARCHE
DOI:
https://doi.org/10.51898/wb.v8i2.200Keywords:
health education, level of knowledge, menarcheAbstract
Menarche merupakan hal normal bagi seorang wanita, tetapi akan menjadi masalah apabila kurangnya pengetahuan. Maka dari itu, perlu diberikannya health education agar dapat memperhatikan kesehatan pada saat menstruasi sehingga risiko terjadinya penyakit reproduksi berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh health education terhadap tingkat pengetahuan pada anak perempuan usia 9-12 tahun dalam menghadapi menarche di Madrasah Ibtidaiyah Madinatul Ulum Tembelang Jombang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre experimental menggunakan pendekatan “one-group pretest-posttest design.” Populasi pada penelitian ini adalah anak perempuan usia 9-12 tahun yang belum mengalami menarche dengan pengambilan sampel menggunakan total sampling sebanyak 58 responden. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner dengan metode penelitian slide power point dan pop up book. Uji statistik dalam penelitian ini menggunakan Paired T-test. Hasil uji statistik dengan menggunakan Paired Sample T Test dengan nilai signifikansi p value = 0,000 < 0,05 bermakna H1 diterima, yang artinya ada pengaruh health education terhadap tingkat pengetahuan pada anak perempuan usia 9-12 tahun dalam menghadapi menarche. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh health education terhadap tingkat pengetahuan anak perempuan usia 9-12 tahun dalam menghadapi menarche di Madrasah Ibtidaiyah Madinatul Ulum Tembelang Jombang.
References
Andayani, Reni. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Mengenai Menarche Di SMP Negeri 1 Binamu Kabupaten Jeneponto. SKRIPSI.
Annisa, F. R. (2020) “Hubungan Tingkat Pengetahuan dengan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi Menarche pada Remaja Putri,” Universitas Andalas, 2020.
Ashri, A. A., dkk. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Secara Daring Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri Menghadapi Menarche Di SDN Cisauk Tangerang. CARING. 5(2).
Dewanti, H., Toenlioe, A. J. E., & Soepriyanto, Y. (2019). Pengembangan Media Pop-Up Book Untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakunden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221-228.
Fadhilah, N. N., & Katmini. (2021). Studi Literatur: Determinan Menarche Dini Pada Siswi. Jurnal Ilmu Kesehatan, 5(2). https://jik.stikesalifah.ac.id
Fatmawati, L., Syaiful, Y., & Tamada, M. (2022). Pendidikan Kesehatan Meningkatkan Pengetahuan Dan Kesiapan Menghadapi Menarche Pada Siswi Usia 9-12 Tahun. Journals of Ners Community, 13(1), 51-63.
Febrina, R. (2020). Edukasi menstruasi pada remaja putri di pondok pesantren. Jurnal Abdimas Kesehatan (JAK), 2(3), 201-204.
Fitri, D. E., & Kurnia, E. (2021). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Metode Focus Group Discussion Terhadap Pengetahuan Siswi Tentang Persiapan Dalam Menghadapi Menarche. Health Care: Jurnal Kesehatan, 10(2), 297-304.
Hendriyani, D. 2019. Pendidikan kesehatan dengan Media Audiovisual tentang Menarche Terhadap Pengetahuan dan Kecemasan Siswa. Mahakam Midwifery Journal. 3(1). 24-32. https://doi.org/10.35963/midwifery.v4i2.132
Herwati, & Murniati. (2022). Monograf Menghadapi Menarche pada Anak Sekolah Dasar. Pekalongan: Nasya Expanding Management. Tersedia dari Play Books.
Ibrahim, A. A., Attia, A. A., Mohammed, A. F., & Sc, B. (2022). Self-Care Practices Regarding Prevention of Reproductive Tract Infection among Female Adolescent. Egyptian Journal of Health Care, 13(2), 137–157.
Jayanti, N. S. D., & Nurrohmah, A. (2022). Penyuluhan Kesiapan Menarche sebagai Upaya Peningkatan Pengetahuan Siswa Kelas V di SDN Pantirejo 1. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 82-87. https://journals.insightpub.org/index.php/jpm
Karisma, I. K. E., Margunayasa, I. G., & Amita, P. T. P. (2020). Media Pop-Up Book pada Topik Perkembangbiakan Tumbuhan dan Hewan kelas VI Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 121-130.
Karmila, dkk. 2018. Terhadap Pengetahuan Tentang Menarche Pada Remaja Putri Kelas V Di SD Negeri Cibiru 3.
Misbahudin, D., Rochman, C., Nasrudin, D., & Solihati, I.. (2018). Penggunaan Power Point Sebagai Media Pembelajaran: Efektifkah? WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(1), 43-48. https://ejournal.upi.edu/index.php/WapFi/article/view/10939/0
Notoatmodjo, S. (2021). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta.
Nurdhiana, T., Wijayanti., & Agussafutri, W. D. (2022). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Booklet Menstruasi terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja Putri di Desa Jendi Kecamatan Girimarto.
Pertiwi, D. F. 2018. Hubungan Status Gizi dengan Usia Menarche pada Remaja Putri di SMP Negeri 13 Makassar. SKRIPSI. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar.
Rahmawati, B. F. (2020). Pemanfaatan Media Interaktif Power Point Dalam Pembelajaran Daring. Fajar Hist. J. Ilmu Sej. Dan Guru.
Ruwihapsari, Zasti., & Maryana. (2018). The Influence Of Health Education Menarche Module Towards The Level Of Knowledge About Menstruation On Girl Students Class IV-V In SDN Gedongkiwo Yogyakarta. 7(1). 17-24.
Sandra, S. 2020. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Usia Menarche pada Siswi Kelas VII di SMPN 129 Jakarta Utara tahun 2020. Skripsi. Program Studi Diploma IV Kebidanan Jurusan Kebidanan Poltekkes Kemenkes Jakarta III.
Sari, dkk. 2021. Gambaran Usia Menarche Dini Pada Anak Sekolah Dasar Di daerah Urban. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-journal).
Sitohang, N. A. (2019). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswa SMP Dharma Pancasila Tentang Manajemen Kesehatan Menstruasi. Jurnal Riset Hesti Medan Akper Kesdam I/BB Medan. 4(2). 126-130.
Tamara, dkk. (2020). Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Media Audiovisual tentang Menarche terhadap Pengetahuan dan Kecemasan pada Siswi Kelas 5 dan 6 di SDN 20 Tenggarong.
WHO. Maternal Mortality: World Health Organization; (2018).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sri Defi Utari Defi, Tiara Fatma Pratiwi, Achmad Wahdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.